Info Tempat, Rute, Peta wisata alam Kulonprogo.

obat jerawat

Pilih Tempat Wisata Dengan Klik Pada Area Wisata

Gunakan Browser Chrome untuk dapat menggunakan peta

Wisata Puncak Suroloyo, Titik Tertinggi Menoreh

Disponsori Oleh:


Ada begitu banyak tempat wisata di Jogja dan sekitarnya. Salah satunya adalah puncak Suroloyo. Sebuah area puncak pegunungan Menoreh yang terletak di kabupaten Kulonprogo propinsi D.I. Yogyakarta. Datang di saat cuaca cerah untuk melihat indahnya pemandangan di puncak.

Datang di pagi hari sebelum subuh, jika anda muslim anda bisa mampir dulu ke masjid yang tak jauh dari kawasan. Setelah subuh Anda bisa mulai berjalan untuk naik ratusan tangga menuju puncaknya. Jika beruntung, yaitu cuaca cerah tanpa tertutup awan Anda bisa menikmati indahnya matahari terbit di balik 2 Gunung besar yaitu Merbabu dan Merapi.

wisata alam indah - puncak suroloyo kulonprogo Jogja - sunrise
sunrise di puncak suroloyo
Selain 2 Gunung tersebut, dari puncak suroloyo Anda juga bisa melihat kemegahan dua gunung lainnya yaitu Sumbing dan Sindoro.

wisata alam indah - puncak suroloyo kulonprogo Jogja
pemandangan gunung Sumbing dan Sindoro dari puncak suroloyo

wisata alam indah - puncak suroloyo kulonprogo Jogja
menanti sunrise di puncak suroloyo

Wisata Alam Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo merupakan salah satu bukit tertinggi di pegunungan Menoreh yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh. Memiliki ketinggian sekitar 1.000 meter dari permukaan air laut.


Puncak Suroloyo merupakan bukit tertinggi di kawasan pegunungan Menoreh yang terletak di Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata alam yang memiliki pemandangan indah nan mempesona.

Hal lain yang membuat tempat ini istimewa adalah jika cuaca cerah, biasanya pada pagi hari orang bisa memandang empat gunung besar di Jawa, yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro. Dari tempat ini juga kemegahan Candi Borobudur yang berada di Magelang juga bisa dilihat dengan jelas. Pesona alam dan mitos Puncak Suroloyo terletak di dusun Keceme, Gerbosari, kecamatan Samigaluh, Kulonprogo.

Peta Kawasan Wisata Suroloyo


Jalur Rute Menuju Puncak Suroloyo Kulonprogo Dari Jogja

Ada beberapa jalur untuk bisa mencapai tempat ini jika anda datang dari Jogja yakni:
  1. Melalui jalan Godean - Jembatan progo - 4an lampu merah nanggulan - 4an Dekso - Samigaluh - Puncak Suroloyo.
  2. Melalui jalan Godean - Jembatan progo - 4an lampu merah nanggulan - 4an Dekso  Kalibawang - Pasar Jagalan - puncak suroloyo
  3. Melalui jalan Magelang - Tempel - Kalibawang - Pasar Jagalan - puncak suroloyo
  4. Dari jalan Magelang - Pasar Muntilan - Kalibawang - pasar Jagalan- puncak suroloyo
Rute dari Kalibiru ke Suroloyo.
Buat Anda yang sedang berlibur di wisata Alam Kalibiru, Anda dapat menuju ke puncak suroloyo dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dengan rute: Kalibiru - Clereng - Girimulyo - 4 Nanggulan - Suroloyo.

Dari rute tersebut yang paling mudah untuk dilalui adalah jalur yang melewati pasar Jagalan.

Jalur menuju tempat ini cukup sulit karena penuh tanjakan dan berbelok-belok. Namun, udara pegunungan yang sejuk dan pemandangan alam yang luar biasa indahnya akan mengobati.

Sejarah Suroloyo

Menurut informasi, Puncak Suroloyo memiliki kaitan sejarah dengan Kerajaan Mataram Islam. Dalam Kitab Cabolek yang ditulis Ngabehi Yasadipura pada sekitar abad ke-18 menyebutkan, suatu hari Sultan Agung Hanyokrokusumo yang kala itu masih bernama Mas Rangsang mendapat wangsit agar berjalan dari Keraton Kotagede kearah barat.

Petunjuk itupun diikuti hingga dia sampai di puncak Suroloyo ini. Karena sudah menempuh jarak sekitar 40 km, Mas Rangsang merasa lelah dan tertidur di tempat ini. Pada saat itulah, Rangsang kembali menerima wangsit agar membangun tapa di tempat dia berhenti. Ini dilakukan sebagai syarat agar dia bisa menjadi penguasa yang adil dan bijaksana.


Disponsori Oleh:
6 Komentar untuk "Wisata Puncak Suroloyo, Titik Tertinggi Menoreh"

Pasti indah pemandangan dari puncak Suroloyo ini
Thanks artikelnya....

pemandangannya keren.. jadi pengen kesana

mirip kintamani bali ya? jadi penasaran pengen kesana. kalo naik angkt. unum rute nya bagaiman ya kalo dari kota djogja karn sy mau rencana ke djogja desember ini

Sayangnya gak ada angkot, harus pakai kendaraan pribadi.. ngajak temen yang di Jogja aja...

Klau dari kali biru ada carteran mobil gak bos

Bisa dapet view gunungnya kelihatan gtu timingnya harus bulan apa ya mas? Soalnya tiap kesana gunungnya nggak pernah kelihatan. Ketutup terus.

Mohon Maaf!, Setiap komentar yang mengandung iklan tidak kami tampilkan.

Back To Top