Info Tempat, Rute, Peta wisata alam Kulonprogo.

obat jerawat

Pilih Tempat Wisata Dengan Klik Pada Area Wisata

Gunakan Browser Chrome untuk dapat menggunakan peta

Waduk Sermo, Wisata Danau di Jogja

Disponsori Oleh:


Waduk Sermo adalah bendungan buatan yang berada di wilayah Sermo Kulon Progo D.I. Yogyakarta. Selain sebagai infrastruktur irigasi dan PDAM, waduk sermo juga menjadi wisata alam di kulon progo.

Dalam buku “Pesona Wisata Kulon Progo” yang diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kulon Progo disebutkan bahwa Waduk Sermo yang memiliki luas 157 hal ini terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap kurang lebih 36 km kearah barat dari kota Yogyakarta atau 6 km dari Wates, ibukota Kabupaten Kulon Progo.  

waduk sermo kulon progo, jogja 
Konon, waduk yang diresmikan oleh Presiden Soeharto 20 November 1996 silam dibuat dengan membendung Kali Ngrancah, dengan biaya pembangunan mencapai Rp 22 miliar dan diselesaikan dalam waktu dua tahun delapan bulan. Untuk pembangunan waduk ini, Pemda Kulon Progo melakukan transmigrasi massal alias “bedol desa”. Sebanyak 100 KK ditransmigrasikan ke Tak Toi Bengkulu dan 7 KK ditransmigrasikan ke Perkebunan Inti Rakyat (PIR) Kelapa Sawit Riau.

salah satu fasilitas wisata - boat 


Letak Waduk Sermo boleh dibilang cukup strategis, karena berada diantara dua bukit dan disekelilingnya masih banyak pepohonan dan adanya cagar alam atau hutan wisata yang membuatnya nampak hijau dan sejuk. Di sana terdapat jalan yang melingkari sekeliling waduk sehingga memudahkan pengunjung menikmati Waduk Sermo dari sudut pandang manapun dengan leluasa.

Rute Jalur Menuju Waduk sermo dari Jogja:

Di sepanjang jalan melingkar itu terdapat tempat – tempat persinggahan berupa rumah jamur (berbentuk seperti jamur) dan juga rumah panggung. Terdapat pula warung makan, bengkel dan juga toilet umum. Disamping itu juga menyediakan wisma atau vila apabila kita ingin menikmati keindahan waduk pada malam hari.



Bila ingin mengelilingi Waduk Sermo lewat air, disana juga disediakan penyewaan perahu atau sering pula masyarakat menyebutnya “gethek”. Perahu motor juga ada. Bila ingin memancing, kita tidak perlu membayar. Cukup membeli atau membawa sendiri peralatan untuk memancing. Meski pengunjung bebas memancing di Waduk Sermo, namun ada kawasan-kawasan tertentu yang dilarang karena berbahaya.

Dariwaduk sermo Anda juga dapat menuju tempat wisata yang sedang naik daun tahun 2014 ini yaitu Kawasan Wisata Alam Kalibiru.

Disponsori Oleh:
0 Komentar untuk "Waduk Sermo, Wisata Danau di Jogja"

Mohon Maaf!, Setiap komentar yang mengandung iklan tidak kami tampilkan.

Back To Top