Info Tempat, Rute, Peta wisata alam Kulonprogo.

obat jerawat

Pilih Tempat Wisata Dengan Klik Pada Area Wisata

Gunakan Browser Chrome untuk dapat menggunakan peta

5 Makanan Tradisional Khas dan Favorit Kulon Progo

Disponsori Oleh:


makanan jajanan di pasar tradisional kulonprogo


1. Geblek


Geblek adalah makanan paling khas dari kabupaten Kulon Progo. Geblek bahkan menjadi semacam identitas yang membedakan Kulon Progo dengan daerah lainnya. Geblek sendiri bahan dasarnya adalah ketela pohon. Melalui proses tertentu lalu dibentuk menjadi lingkaran-lingkaran kecil dan dirantai menjadi 3-4 buah. Rasa gurih dipadu dengan kekenyalan saat digigit menjadi cita rasa khas. Saat disajikan biasanya dipadukan dengan menu tempe bengok atau tempe koro.

geblek makanan khas kulon progo
Geblek tempe bengok
 untuk makanan-makanan selanjutnya ini mungkin tidak bisa dikatakan khas Kulon Progo, namun menjadi jajanan pasar tradisional yang masih banyak dijumpai di kulon Progo

2. Cethot


Cethot juga merupakan salah satu jajanan pasar tradisional yang masih bisa djumpai di pasar. Biasanya dijajakan oleh penjual yang juga menjajakan makanan khas lainnya yang disebut dengan Growol.

3. Cenil


Cenil adalah makanan jajanan tradisional pasar yang berbentuk bulat-bulat kecil berawarna-warni dan kenyal saat dikunyah.

makan khas tradisional
Cethot dan Cenil


4. Growol


Growol juga merupakan makanan yang khas yang terbuat dari singkong, namun tidak terlalu dikenal. Aromanya yang cukup menyengat (berbau kecing - ketela membusuk) kadang membuat orang merasa jijik dahulu sebelum mencobanya. Namun bagi yang sudah tahu dan terbiasa dengan cita rasanya, Growol menjadi makanan yang lezat jika dimakan dengan dicampuri parutan kelapa. namun nampaknya, makanan ini banyak dijumpai di pasar tradisional pedesaan tidak hanya di kulon Progo saja.
jajanan pasar - growol ketela pohon
Growol

5.  Bengok Santen


Tempe bengok biasanya berukuran agak besar, namun tempe bengok berukuran kecil yang dimasak dengan santan kental, menjadi makanan tradisional favorit di Kulon Progo. Biasanya makanan ini dijajakan oleh perempuan lansia (nenek-nenek) di pinggir jalan, bersamaan dengan jualan geblek dan tempe koro saat menjelang tenggelam matahari.
makan tradisional khas Tempe bengok bersantan
Tempe Bengok Bersantan

Baca Juga: Dawet Sambel Khas Kulonprogo
Disponsori Oleh:
Tag : khas
2 Komentar untuk "5 Makanan Tradisional Khas dan Favorit Kulon Progo"

favorit saya adalah cenil :) dengan alas daun pisang atau jati semakin maknyus

Mohon Maaf!, Setiap komentar yang mengandung iklan tidak kami tampilkan.

Back To Top