Info Tempat, Rute, Peta wisata alam Kulonprogo.


Pilih Tempat Wisata Dengan Klik Pada Area Wisata

Gunakan Browser Chrome untuk dapat menggunakan peta

Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo DIY




Kalibiru adalah salah satu wisata alam yang terdapat di daerah kabupaten Kulon Progo, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru berada di Perbukitan Menoreh Kulonprogo Yogyakarta, pada ketinggian 450 m dpl.

wisata alam kalibiru kulon progo
outbound di Kalibiru


Dari puncaknya, pengunjung dapat melihat pemandangan perbukitan di bukit menoreh sekaligus dapat melihat waduk Sermo dari atas bukit, bahkan jika cuaca cerah nampak di kejauhan putihnya ombak pantai selatan. Dari puncaknya juga, jika melihat ke arah timur terlihat hamparan dataran luas hingga nan jauh ke timur. Jika anda menginap malam, anda berkesempatan melihat sunrise dari puncaknya.

Kaos Spesial Buat Jalan-jalan "LAGI CUTI"
PESAN KAOS KLIK DI SINI


pesona alam kalibiru wates kulonprogo jogjakarta
Pengunjung berfoto di salah satu tempat fly over di kalibiru

Desa Wisata Kalibiru Kalibiru, Sermo, Hargowilis, Kokap Kulon Progo DIY Kalibiru merupakan kawasan hutan yang dikelola masyarakat sekitar.



wisata alam kalibiru kulonprogo diy - pintu masuk
Area pintu masuk Wisata alam Kalibiru

wisata alam kalibiru kulonprogo diy - jalan masuk
Jalan masuk Naik ke area wisata alam Kalibiru

wisata alam kalibiru kulonprogo diy, tempat bersantai 1
Area Lounge di Kalibiru

wisata alam kalibiru kulonprogo diy lounge
beberapa kursi di tempat santai (lounge) kalibiru

wisata alam kalibiru kulonprogo diy - jalan ke puncak
Jalan naik ke puncak Kalibiru - di samping kiri kanan terdapat penginapan dan fasilitas umum


Area tempatnya cukup sejuk (saat pagi) dan juga cukup mudah dijangkau dengan kendaraan (namun harus hati-hati karena jalanan berbolek naik turun, mesin motor pun harus kuat ditanjakan curam). Fasilitas yang ada juga cukup baik, mulai dari tempat makan (harga makan standar, loo), tempat pertemuan, tempat menginap, masjid dan lainnya, tempat ini cocok untuk acara forum maupun outbound.

Di puncak kalibiru terdapat prasasti batu, menara pandang dan juga fly over.

Baca Juga: Selfie Seru di WATU TEKEK

Peta arah ke Wisata Alam Kalibiru
Dari jogja - wates - waduk sermo atau Jogja - Sentolo - Waduk Sermo. Untuk info lebih jelasnya rute dari jogja ke waduk sermo dapat Anda lihat melalui peta google maps di bawah .


peta arah wisata kalibiru
denah wisata kalibiru kulon progo
Jalur-rute Alternatif ke Kalibiru
Selain melalui waduk sermo, kita juga bisa datang melalui Arah Clereng, namun jalurnya lebih sepi dan sedikit lebih jauh serta naik turun. (Rute: Jogja - Sentolo - Clereng - Kalibiru). Hati-hati saat musim hujan, jalan licin dan awas longsoran tanah, jalan berada di tebing.


rute alternatif kalibiru kulonprogo
rute alternatif ke kalibiru lewat clereng


Tips berkunjung ke wisata alam ini:

  • Jika anda pergi berkendara sendiri dengan motor atau mobil pastikan kendaraan yang digunakan fit untuk naik gunung. Pastikan Rem masih bagus untuk perjalanan naik turun gunung.
  • Lebih nyaman sampai di tempat saat pagi atau sore hari, atau datang di saat musim hujan (namun di saat langit cerah).


Wisata Alternatif lain: 
Jika masih banyak waktu anda juga bisa berkunjung ke tempat-tempat wisata alam di kulonprogo ini

Kebun Teh Nglinggo
Ingin merasakan kesejukan kebun teh di daerah Istimewa Yogyakarta? Berkunjunglah ke Kebun Teh Nglinggo yang terletak di kabupaten Kulonprogo. Kebun teh yang berada di ketinggian sekitar 800mdpl ini menjadi kawasan wisata baru. Baca selangkapnya di sini....

Goa Kisendo
Goa Kiskendo, berada di tempat yang lebih tinggi sehingga udaranya sangat sejuk meskipun siang hari, namun tidak sedingin kaliurang (Sleman). Buat Anda yang suka tantangan susur gua, tempat ini sangat cocok. Untuk ke Goa kiskendo, pengunjung dari kalibiru menuju Arah Gunung Kelir. Dari kalibiru waktu tempuh sekitar 30-45 menit Info Lebih lengkap di sini....

Air Terjun (Curug) Sidoharjo
Salah satu air terjun di kulonprogo yang masih alami. Letaknya berada di samigaluh kulonprogo. Waktu tempuh dari kalibiru sekitar 30-45menit.  Info Lengkap tentang tempat wisata ini silakan baca di sini....

Puncak Suroloyo
Ini adalah puncak tertinggi di kawasan pegunungan menoreh. Saat cuaca cerah kita bisa melihat indahnya pemandangan 4 gunung: Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro. waktu tempuh dari kalibiru sekitar 1-1,5 jam. Info selengkapnya di sini.....
45 Komentar untuk "Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo DIY"

Nice place that I have to visit

wahh.. Musti di coba nih, liburan depan ane kesana ah.. Makasih info nya mas :)

mantapp

Kalibiru salah satu tempat yang sangat indah untuk menikmati indahnya sunset

di kalibiru bisa untuk camp kagak

Di sana disediakan penginapan-penginapan. kalau untuk camping sendiri ndak ada tempat lapang.

assalamualaikum
mw ksna tapi belum tw rute nya,
kata temen ,dr semarang ke arah magelang > arah purworejo > wates > kulonprogo > kalibiru
benarkah ? ato ada saran rute lainnya?
mksh ^-^

Dari Jogja itu naik apa ke wisatanya?
Ada angkutan umumnya kah?

gak ada bos, pakai kendaraan pribadi. Kalau dari luar kota ajak teman di jogja aja atau sewa motor atau mobil..

Bisa juga lewat magelang > borobudur > Kalibawang > Pengasih > kalibiru

Terakhir kesana masuknya Rp.5000, sama parkir roda 2 Rp.2000

dari magelang berapa lama menuju kesana yah?

kalau dari wonogiri enaknya lewat mana ya?

kalau dari wonogiri lewat gunugkidul > imogiri (bantul) > Srandakan > Wates saja,,, sepertinya lebih enak.

Kalau pakai minibus bisa ga ya mas?

Untuk bus pariwisata besar apakah bisa di jangkau?

cuma bisa nyampe waduk sermo kalau pakai bus pariwisata.

Bukanya setiap hari ato hari minggu ajah?

bukanya tiap hari, bisa nginap juga, ada penginapan.

kalo mau outbond, ada trainernya ga ya

Kira2 penginepan brp per malam y disana?

Untuk transportasi menuju Kalibiru, berdasar pengalaman, baiknya menggunakan mobil kecil, misalnya Avanza. Jika wisatawan lebih dari 5 / 6 orang, baiknya menggunakan 2 atau lebih mobil kecil. Mengingat jalannya yang tidak begitu besar dan menanjak. Semoga bermanfaat.

Terima kasih

Kalau dari waduk sermo ke puncak suruloyo rute paling dekat lwat mnanya yah??

Apakah bisa menggunakan bus medium atau 3/4 , 30-35 seat...untuk ke lokasi kali biru

Jalanya ngeri jija mbl tidak 100% waras. Trus bila simpangan sangat riskan. Kurang bagus nenurut saya.

Kalo dr Solo arahnya gmn ya teman?

Maaf bertanya. Kalau dari Malaysia saya mesti ke Airport mana yang paling dekat dengan Kalibiru.Saya akan berangkat dari Kuala Lumpur.

keren memang, saya tahun lalu sudah menikmati indahnya alam kalibiru..

Bandara Adi Sucipto Jogja, Kemudian arah ke selatan Wates, Sebelum wates ada simpang tiga arah Nanggulan belok ke Barat, kira2 2km ada simpang 3 , belok kekiri, ikuti jalan sampai tujuan

serius itu ada di Jogja? Keren mas, sekali-kali ajakin donk

Utk akses jalan apakah dapat dilalui menggunakan mobil sedan (mobil pendek)?

Ternya Jogja punya tempat-tempat wisata yang menarik ya, ..
sangat di rekomended untuk di kunjujggi..

Sebenarnya Kalibiru merupakan tempat yang sangat indah, namun manajemen pengelolaan dirasa masih kurang, prosedur pembayaran terlalu berbelit belit, tidak menjadi satu paket secara utuh dengan penjelasan,masalah kebersihan kiranya juga perlu menjadi perhatian, semoga dapat membangun menjadi lebih baik lagi bagi wisatawan terimakasih

Dari pemalang jawa tengah baiknya lewat mana ....

bisa nanti pada parkiran tersendiri
terus naiknya ke atas bisa naik ojek atau naik mobil hartop

terahir kesana
parkir 5rb
htm 15 rb
foto spot 15rb
per file foto 5rb
makan murah meriah

enak deh

Klo naik kendaraan umum dri malioboro, harus naik apa yaaa biar bisa kesana.?

Ada kontak atau cp mobil hartop nya gan?

wah, semoga suatu saat bisa main ke Kalibiru lagi.. :)

Terakhir ke sana (Wisata Alam Kalibiru), tarifnya masih sama, HTM-nya Rp5.000/orang, parkir Rp2.000/motor kalau mobil Rp5.000.

saya terakhir kali ke sana bulan lalu, septermber 2016.

week end ini otw ke lokasi bang :)

naik kereta aja , dari stasiun pemalang ke stasiun semarang atau ke stasiun purwokerto. lanjut ke stasiun lempuyangan .. lanjut sewa motor deh ke kalibiru

Mohon Maaf!, Setiap komentar yang mengandung iklan tidak kami tampilkan.

Back To Top