Info Tempat, Rute, Peta wisata alam Kulonprogo.

obat jerawat

Pilih Tempat Wisata Dengan Klik Pada Area Wisata

Gunakan Browser Chrome untuk dapat menggunakan peta

Wisata Alam Air Terjun di Prangkokan: Kedung Gandu

Disponsori Oleh:


Sebagian besar wilayah Kulon Progo adalah wilayah perbukitan karena membentang pengunungan menoreh. Di daerah Girimulyo dan Kalibawang adalah daerah pengunungan yang asyik. Terutama di musim hujan, banyak mengalir air-air yang menciptakan panorama alam berupa air terjun yang indah. 2 diantara air terjun yang sudah mulai di kenal masyarakat  adalah curug sidoharjo dan kedung Gandu.

Kedung Gandu adalah sebuah kedung (danau kecil) yang ada air terjunnya, yang terletak di Dusun Prangkokan, Desa Purwosari, kecamatan Girimulyo, kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.   Di desa ini sendiri sebenarnya terdapat kedung. Namun dari keempatnya yang paling menarik dan eksotis untuk dijadikan tempat befoto-foto adalah area kedung Gandu.

wisata alam kulonprogo jogja - air terjun kedung gandu


Di Kedung Gandu mengalir sungai dari atas menuruni bebatuan membentuk air terjun yang indah dipandang mata. Air terjun dan air sungainya benar-benar alami karena memang belum banyak terjamah tangan manusia. Perjalanan dari aspal menuju tempatnya harus berjalan kaki cukup jauh.

Untuk pergi kedung gendu ini sebaiknya kita membawa perbekalan secukupnya terutama air minum. Tapi ingat, jangan menjadi perusak lingkungan dengan membuang sampah di alam. Jika kita berwisata alam, maka segala macam yang kita bawa pergi juga harus kita bawa pulang. Jangan membuangnya di alam. Jadi keindahan alamnya tetap terjaga.

panorama alam air terjuan kedung gandu girimulyo kulonrpogo jogja


Area air terjun Kedung Gandu Kulonprogo ini adalah kawasan alami belum dijadikan area wisata baik oleh pemda maupun masyarakat sekitar. Jadi jangan harap ada fasilitas umum. Ini wisata alam buat yang suka jelajah di alam.

Rute Arah perjalanan dari Jogja ke Desa Prangkokan:
Ringroad Demak Ijo - Jalan Godean - 4an Kenteng nanggulan luruh kebawah - arah jatimulyo - Ikuti Jalan aspal naik tinggi - pe3an Gendu ke kanan - Pasar Jonggrangan - per3an MTsN Jatimulyo ambil kanan - per3an Sabrang kidul lurus p per3an SDN Tegalsari ambil kanan - 3an Masjid AtTaqwa Darul Arigin ambil kiri - ikuti jalan aspal - 4an lurus - 3an kiri - Gedung PAUD.

Kebanyakan jalan yang dilewati adalah jalan sempit dan berliku-liku naik turun. Jadi sebaiknya gunakan sepeda motor yang kuat naik tanjakan tinggi.


Disponsori Oleh:
0 Komentar untuk "Wisata Alam Air Terjun di Prangkokan: Kedung Gandu"

Mohon Maaf!, Setiap komentar yang mengandung iklan tidak kami tampilkan.

Back To Top