Info Tempat, Rute, Peta wisata alam Kulonprogo.

obat jerawat

Pilih Tempat Wisata Dengan Klik Pada Area Wisata

Gunakan Browser Chrome untuk dapat menggunakan peta

Kopi Moka Jawa Yang Legendaris

Disponsori Oleh:


Kopi moka adalah kopi hasil dari  persilangan alami antara Akar tanaman Kopi dan kakao (Coklat). Ini menghasilkan kopi unik yang warnanya kecokelatan. Dari segi rasanyapun, setelah kami coba sendiri, memiliki taste campuran antara kopi dan cokelat. Bagi penikmat kopi mungkin akan bisa membedakan dengan jelas rasa kopi moka ini.

kopi asli kulonprogo - kopi moka organik - kopi jawa
Kopi Moka, kopi yang hanya ada di Kulonprogo
Kami tegaskan, bahwa kopi moka ini adalah kopi alami, bukan campuran antara bubuk kopi dengan bubuk moka (coklat). Tanaman kopi yang merupakan hasil persilangan alami antara akar coklat dan kopi ini sendiri memiliki sejarah sejak zaman Belanda.

Sejak zaman kolonial belanda sekitar tahun 1825, Belanda melakukan tanam paksa kopi dan kakao di perbukitan menoreh. Dari hal itu  terjadilah persilangan akar kopi dan kakao secara alami, sehingga munculah kopi moka. Setelah kemerdekaan keberlangsungan budidaya kopi moka jawa ini dilanjutkan oleh pemerintahan Indonesia. Namun sayang, pasca swasembada pangan pada era pemerintahan Soeharto, kelestarian kopi moka ini tertelantarkan.



Namun, sejak 2008, kelestarian tanaman kopi moka ini mulai digalakan kembali dengan berbagai macam usaha dengan tujuan untuk memasyarakatkan kembali kopi moka jawa yang legendaris ini.

Terjadi Persilangan Alami, Akar kopi dan kakao

Satu-satunya daerah yang membudidayakan kopi moka ini hanyalah di lereng perbukitan menoreh yang terletak di kabupaten kulonprogo saja.



Selain dari segi rasanya yang benar-benar legendaris, dari segi kesehatan, menurut penelitian, kopi ini tidak memiliki efek terhadap jantung, kepala dan tubuh. Tanaman kopi ini dibudidaya dalam pola tanaman yang divariasikan dengan tanaman empon organik.
Disponsori Oleh:
Tag : khas
1 Komentar untuk "Kopi Moka Jawa Yang Legendaris"

saya yang asli kulon progo malah baru tahu kalau ada jenis kopi ini..perlu dicoba nih..adakah yang punya kontak penjualnya? :)

*keepwriting*

Mohon Maaf!, Setiap komentar yang mengandung iklan tidak kami tampilkan.

Back To Top